Memiliki masalah bau badan memang sangat mengganggu. Selain mengurangi rasa percaya diri, masalah ini juga bisa berdampak kurang baik pada kesehatan jika dibiarkan. Itulah mengapa, Kamu perlu mengetahui penyebab bau badan agar bisa menghindarinya. Dan ketahui juga beberapa cara menghilangkan bau badan yang ampuh dan mudah dilakukan ini agar dapat mengatasinya, baik itu secara alami maupun menggunakan metode medis!

Penyebab Bau Badan Menyengat

Keringat seringkali dituduh sebagai penyebab bau badan. Padahal, keringat sebenarnya merupakan cairan yang tidak berwarna dan berbau. Komposisi keringat terdiri atas air, garam, protein, dan minyak yang bukan merupakan zat-zat pemicu munculnya bau badan. Penyebab bau keringat, atau lebih sering dikenal dengan istilah bau badan, sebetulnya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri.
Di tubuh manusia, terdapat jutaan bakteri tidak berbahaya yang berdiam di permukaan tubuh dan berfungsi membantu pertahanan alami kulit. Bakteri-bakteri tersebut bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungan yang lembap dan kaya nutrisi seperti daerah ketiak. Untuk bertahan hidup, bakteri memakan keringat manusia dan memprosesnya dalam sistem metabolisme mereka. Proses metabolisme ini menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan keringat berbau seperti cuka, keju, atau bawang.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Selalu ada cara untuk menghilangkan bau badan. Tak perlu bersusah-susah, beberapa bahan alami yang mudah Kamu temui sehari-hari ternyata juga bisa membantumu mengatasi masalah bau badan, lho. Berikut ini adalah sejumlah bahan alami yang bisa Kamu gunakan untuk menghilangkan bau badan tak sedap:
1. Daun Sirih
Daun sirih merupakan bahan alami untuk mengatasi bau badan tak sedap. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih dimulai dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air. Setelah mendidih, tuang air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi. Pakai air rebusan tersebut untuk mandi dua kali sehari.
2. Cuka Sari Apel
Sudah menjadi rahasia umum jika cuka sari apel dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Selain itu, cuka sari apel dapat menghilangkan bau badan secara cepat. Oleskan cuka sari apel ke ketiak dan lipatan-lipatan tubuh lainnya dan diamkan selama lima belas menit sebelum Kamu mandi dengan sabun. Cara ini bisa Kamu lakukan setiap sebelum mandi agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.
3. Baking Soda
Cara menghilangkan bau badan secara alami yang selanjutnya bisa dilakukan dengan memakai baking soda. Bahan satu ini memiliki sifat yang dapat menetralkan asam dan basa sehingga dapat menghilangkan bau badan secara alami. Kamu bisa mengaplikasikan baking soda langsung di bagian-bagian tubuh yang sering berkeringat.

Cara Mengatasi Bau Badan dengan Langkah Medis

Apabila Kamu merasa cara-cara alami di atas terlalu merepotkan, masih ada beberapa cara lain yang lebih simpel dan mudah dilakukan. Berikut ini adalah beberapa medical treatment yang bisa Kamu coba.
1. Pangkas Bulu Ketiak Secara Teratur
Memangkas bulu ketiak diklaim dapat mengatasi bau badan secara cepat. Pasalnya, rambut yang tumbuh di ketiak dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau badan. Kamu bisa melakukan medical treatment seperti waxing rambut ketiak untuk mengurangi bau badan berlebih.
2. Botulinum Toxin
Botoks atau botulinum toxin juga dapat menjadi cara mengurangi bau badan tak sedap. Pada umumnya, botoks disuntikkan ke bagian tubuh tertentu yang banyak mengeluarkan keringat. Untuk melakukan sekali treatment botoks, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 40 menit dan hasilnya bisa bertahan hingga 8 bulan.
3. Pengangkatan Kelenjar Keringat
Karena keringat merupakan salah satu tempat perkembang biakan bakteri, Kamu juga bisa menghilangkau bau badan dengan mengangkat kelenjar keringat di ketiak. Dengan begitu, produksi keringat berkurang dan Kamu bisa terhindar dari risiko bau badan. Meski begitu, Kamu harus berdiskusi dulu dengan dokters sebelum melakukannya.
4. Endoscopic Thoracic Sympathectomy
Hiperhidrosis adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya berkeringat lebih banyak dari orang lain. Kondisi ini dapat menyebabkan bau badan tidak sedap. Medical treatment yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah operasi  Endoscopic Thoracic Sympathectomy (ETS) yang merupakan prosedur melumpuhkan saraf pengontrol produksi keringat.
5. Alma Sweatx
Medical treatment yang berikut ini dilakukan dengan menggunakan sebuah mesin yang dapat menghasilkan panas untuk mencapai area kelenjar apokrin. Suhu panas yang tinggi menyebabkan kontraksi pada kelenjar apokrin  dan dapat mengendalikan proses sekresi atau pengeluaran keringat yang terjadi.
6. Gunakan Deodoran dan Antiperspirant
Apabila beberapa langkah medis di atas dirasa ribet atau menghabiskan banyak biaya, ada satu lagi langkah mudah yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan bau badan. Cara praktis dan sederhana tersebut adalah dengan menggunakan deodoran yang mengandung antiperspirant. Tak hanya ampuh melawan bau badan, deodoran dengan antiperspirant juga efektif melawan keringat berlebih penyebab bau badan. Dalam hal ini, Kamu bisa menjadikan produk-produk Rexona sebagai pilihan.